Pages

Monday, November 22, 2010

Takdir

saya copy dari catatan (yang sayang kalau tidak di-reshare) di blog friendster saya.
March 9th, 2009

Kawan, ada orang2 yang padanya dituliskan kehidupan yang senantiasa mudah, maka apa yang harus ia lakukan? Bersyukur, ya… hanya itu. Lantas ada orang yang padanya dituliskan agar ia senantiasa berusaha-dengan usaha terbaiknya- untuk meraih kebahagiaan, apa yang harus ia lakukan? Tiada lain ialah bersyukur dan tentu saja, sabar.

Demikian yang Allah kehendaki.

Liburan yang cuma beberapa hari ini Ntan manfaatkan untuk pulang, sekedar berhenti sejenak, untuk menarik nafas. Tahukah kawan? Ntan bertemu seorang sahabat, sahabat SMP, saingan terberat di mata pelajaran hitungan. Otaknya brilian bukan main, selalu menyapa Ntan dengan sebutan Aa. Ia seorang pramuniaga, sekarang.

Terbayangkankah olehmu kawan, ia punya talenta yang cukup untuk menjadi seorang ahli matematika atau seorang ilmuwan, tapi kenapa? Kenapa harus pramuniaga? Ini kerahasiaan takdir. Jujur, Ntan selalu tak enak akan takdir Ntan kalau bertemu kawan2 Ntan yang kondisinya tak lebih baik dari Ntan. Dan kawan, sahabat2 Ntan yang tak seberuntung Ntan itu banyak!

Ada sahabat yang Ntan temui di counter Alfamart, ada juga di pengisian tabung gas elpiji, ada banyak sekali sahabat Ntan yang menjadi TKI di luar negeri, bahkan ada seorang sahabat yang sekarang jadi TKI di luar negeri yang tidak ketahuan kabarnya. Tahukah kawan, ia adalah seorang sahabat dengan kecerdasan di atas rata2, seandainya ia ikut senua rangkaian tes beasiswa maka Ntan yakin ia bisa, ia yang selalu bawa makanan untuk dijual di sekolah, ia yang rumahnya paling jauh di antara kami di SMA dulu… tapi siapa sangka sekarang ia yang “menghilang” dengan kabar terakhir yang menghantui pikiran Ntan satu setengah tahun yang lalu.

Kawan, Ntan bersyukur Ntan bisa seperti sekarang. Setidaknya, atas segala hal yang tak bisa Ntan capai, Ntan masih bisa berada pada titik ini. Kawan, ada sekian banyak orang memiliki takdir yang tak seberuntung kita, maka apakah kita akan menyiakan kesempatan mendapatkan takdir yang begitu indah ini???

No comments:

Post a Comment